Rabu, 01 Mei 2013

Indahnya Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Luas kompleks masjid ini mencapai 10 hektar dengan bangunan utama seluas 7.669 meter persegi. Menurut prasasti, masjid ini dibangun mulai 6 September 2002 dan diresmikan 14 November 2006.

Kompleks masjid ini amat megah dan unik lewat enam payung raksasanya, adopsi dari masjid Nabawi. Payung-payung ini terdapat pada bagian teras masjid sebagai perluasan ruang shalat yang mana dapat menampung hingga 10.000 jamaah.

Selain bangunan masjid utama, terdapat juga Menara Asmaul Husna yang tingginya mencapai 99 meter, tinggi menara ini notabene melambangkan jumlah asmaul husna. Tak perlu merogoh kocek banyak-banyak, cukup Rp.5.000/orang, kita dapat melihat-lihat isi menara. Pada lantai 2 dan 3 menara terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah; sedang pada lantai 19 terdapat menara pandang, disini kita dapat melihat-lihat landscape Semarang dengan menggunakan teropong yang tersedia. Bagian paling unik dari menara ini terdapat pada lantai 18, yakni resto putar. Sekilas resto ini terbilang biasa saja dari sisi menu restonya, namun saat kita mulai memasuki dan duduk di resto tersebut, kita akan menemukan hal yang tidak lazim dari resto-resto biasanya. Kita dapat menikmati aneka hidangan dengan harga terjangkau sembari melihat pemandangan kota Semarang dari atas dengan lantai restoran yang berputar pelan 360 derajat; yap, berputar, sungguh nuansa yang langka.

Bertolak dari Simpang Lima, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan kendaraan untuk menuju MAJT. Kita bisa melintasi jalan lurus ke arah timur menuju jalan Majapahit, lalu belok kiri ke jalan Gajah ketika sampai di depan Lottemart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar